cover
Contact Name
Mufarizuddin
Contact Email
codevelopmen@gmail.com
Phone
+6282165028412
Journal Mail Official
codevelopmen@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tuanku Tambusai No. 23 Kabupaten Kampar Provinsi Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 27214990     EISSN : 27215008     DOI : https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2897
ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, pendidikan, teknik, pertanian, pertenakan, sosial humaniora, komputer, Kewirausahaan dan ekonomi. Jurnal ini terbit secara berkala Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Tujuan dari adanya jurnal ini adalah menyebarluaskan gagasan dan hasil pengabdian dan penelitian yang dilakukan oleh perguruan tinggi, Khususnya Universitas Pahlawan, yang dapat diterapkan dalam masyarakat. Community Development Journal berisikan bermacam kegiatan yang dilakukan baik oleh internal Universitas Pahlawan ataupun dari eksternal dalam menangani dan mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat dengan menerapkan ilmu dan teknologi yang kemudian dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 62 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021" : 62 Documents clear
PKM PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU SAYANG IBU DESA SIMPANG KUBU Besti Verawati; Nur Afrinis; Nopri Yanto
Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cdj.v2i2.1872

Abstract

Posyandu dibentuk oleh dan untuk masyarakat itu sendiri dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Dari hasil Riskesdas 2018, di dapati untuk provinsi Riau Kabupaten Kampar, pemanfaatan posyandu masih dibawah standart ketentuan yang berlaku. Didapati presentase balita yang tidak memiliki imunisasi lengkap sebesar 34,1%, dan balita yang tidak sama sekali mendapati imunisasi sekitar 3%. Berdasarkan data dari Dinkes Kabupaten Kampar pada tahun 2019, masih ada Posyandu yang belum dapat menjalankan semua kegiatan yang menjadi kegiatan utama. Salah satu terjadi di Desa Simpang kubu. Desa ini akan diprioritaskan menjadi desa binaan dalam revitilisasi posyandu dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara dengan kader posyandu kasih ibu desa Simpang Kubu yang menjadi permaslahan yaitu rendahnya jumalah kader yang aktif, kader kurang memperoleh pelatihan atau pelatihan yang diperoleh selama ini kurang efektif, masih banyaknya anak balita yang tidak datang ke posyandu secara rutin (D/S) untuk menimbang berat badannya. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra yaitu penyuluhan dan pelatihan untuk peningkatan pengetahuan dan kunjungan balita ke posyandu serta perbaikan pelayanan di posyandu. Di dapatkan hasil terjadinya peningkatan frekuensi kunjungan balita keposyandu, ternjadinya peningkatan pengetahuan kader. Pelayanan posyandu yang baik.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TK ABA 16 MALANG DALAM PENGUASAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 Merinda Lestandy; Nurhadi Nurhadi; Abdurrahim Abdurrahim; Muhammad Bara Al Farisyi
Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cdj.v2i2.1695

Abstract

Penyebaran pandemi virus COVID-19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Akibatnya membuat sektor pendidikan seperti sekolah menghentikan proses pembelajaran secara tatap muka. Sebagai gantinya, proses pembelajaran dilaksanakan secara daring (online) yang bisa dilaksanakan dari rumah masing-masing murid. Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring amat mendadak dan tanpa persiapan matang. Tetapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan murid aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemic COVID-19. Kesiapan dari pihak sekolah maupun murid merupakan tuntutan dari pelaksanaan daring. Pelaksanaan daring ini memerlukan perangkat pendukung seperti komputer dan media pembelajaran online yang terhubung dengan internet. Penggunaan beberapa aplikasi pada pembelajaran daring sangat membantu guru dalam proses pembelajaran saat di masa pandemic. Perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi masalah. Selain itu permasalahan lain yang dimiliki sekolah yaitu mengenai bahan ajar yang hanya sekedar perintah berupa lisan sehingga membuat murid-siswi TK merasa bosan. Hal tersebut dikarenakan para guru belum memanfaatkan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ada untuk media pembelajaran online secara optimal. Selain itu, para guru juga belum memiliki kompetensi untuk mengembangkan bahan pembelajaran berbasis TIK selama pembelajaran online. Maka dari itu, kegiatan pengabdian ini mengusulkan workshop dan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi guru TK Aisyisyah Busthanul Athfal (ABA) 16 Malang dalam menggunakan media pembelajaran online di masa pandemic ini.
PERAN IBU-IBU DALAM MEWASPADAI PENIPUAN BELANJA ONLINE DI MEDIA SOSIAL Ari Dermawan; Amalia Amalia; Sudarmin Sudarmin
Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cdj.v2i2.1689

Abstract

Internet atau interconnection networking merupakan media penting dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan banyak manfaat khususnya informasi lebih cepat dan mudah di dapatkan. Manfaat tersebut menjadikan internet sebagai media yang menghubungkan manusia di seluruh be-lahan dunia untuk berinteraksi tanpa batas. Transaksi e-commerce atau belanja di Toko Online memungkinkan terjadinya penipuan dalam menjualkan barang atau produk yang ditawarkan. Banyak jenis penipuan yang terjadi di dalam transaksi e-commerce atau belanja di Toko Online termasuk penipuan dalam bentuk gambar yang di jual. Banyaknya permasalahan yang timbul dalam transaksi jual beli di Toko Online seperti iklan suatu barang atau produk tidak sesuai dengan gambar atau wujud asli serta realitanya, sampai kepada barang atau jasa tidak diterima konsumen, dan lain se-bagainya. Undang-undang nomor 11 Tahun 2008 adalah UU yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum. UU ini memiliki yurisdiksi yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, baik yang berada di wilayah Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki aki-bat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia.
PKM MANAJEMEN STRESS PADA PANDEMI COVID-19 DI DESA KUOK KECAMATAN KUOK Alini Alini; Langen Nidhana Meisyalla
Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cdj.v2i2.1764

Abstract

Pandemi COVID-19 merupakan bencana non alam yang dapat memberikan dampak pada kondisi kesehatan jiwa dan psikososial setiap orang. Menurut WHO (2020), munculnya pandemi menimbulkan stress pada berbagai lapisan masyarakat. Survey yang dilakukan oleh Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa (IPKJI) dan Departemen Keperawatan Jiwa UI pada 2.155 perawat di RS dan Puskesmas selama pendemi Covid-19 menunjukkan bahwa sebanyak 70,3% (1557 orang) merasa cemas, tegang dan khawatir akan terkena wabah Covid-19. Berdasarkan survey yang dilakukan di Desa Kuok Kecamatan Kuok didapatkan data bahwa sebagaian orang merasa khawatir, tegang, dan cemas akan tertular Covid-19. Upaya promosi kesehatan jiwa yang dilakukan pemerintah belum maksimal menjangkau masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan belum adanya kader kesehatan jiwa di Desa Kuok. Pelayanan kesehatan jiwa masih berfokus pada kuratif seperti rujukan pasien yang mengalami masalah kesehatan jiwa. Apabila upaya promotif dan preventif kesehatan jiwa tidak gencar dilakukan maka angka masalah kejiwaan dan gangguan jiwa dapat meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara, menjaga dan meningkatkan kesehatan jiwa pada masa pandemi Covid-19 adalah dengan cara mengelola stress atau manajemen stress. Manajemen stress adalah dimana individu melakukan pengontrolan atau pengatuuran stress. Tujuannnya agar individu mengenal penyebab stress dan mengetahui tehnik-tehnik mengelola stress, sehingga individu tersebut lebih baik dalam menguasai stress dalam kehidupan, sehingga pada akhirnya kondisi sehat mental dapat dicapai.
MEWUJUDKAN KELUARGA TANGGUH MELALUI STRATEGI COPING DI CIPINANG MELAYU JAKARTA TIMUR Evi Syafrida Nasution; Darwati Susilastuti; Pudji Astuty
Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cdj.v2i2.1741

Abstract

Keluarga tangguh adalah keluarga sehat jasmani dan rohani serta sejahtera secara ekonomi dan berkelanjutan. Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta Timur merupakan wilayah padat, terdampak banjir, tingkat pengangguran dan kemiskinan relatif tinggi, serta berdasarkan penelitian, strategi coping orang tua dan keberfungsian keluarga rendah. Permasalahan mitra yang dirumuskan adalah pemahaman keberfungsian keluarga dan strategi coping rendah; Adapun solusi yang ditawarkan yaitu penyuluhan strategi coping yang digunakan oleh orang tua. Metode transfer iptek dilakukan dengan penyuluhan. Adapun peserta penyuluhan ini adalah ibu-ibu PKK di 13 RW Kelurahan Cipinang Melayu. Adapun materi yang disampaikan yaitu tentang keberfungsian keluarga dan strategi coping. Untuk mengetahui perubahan pengetahuan dari peserta, maka dilakukan pengukuran pre-test dan post-test, dengan menyebarkan kuesioner keberfungsian keluarga terdiri dari 43 item dan kuesioner strategi coping terdiri dari 36 item. Hasil analisis data pre-test dan post-test terkait pengaruh pemberian pelatihan keberfungsian keluarga terhadap peningkatan pemahaman keberfungsian keluarga pada orang tua diperoleh hasil bahwa rata-rata untuk sebelum pelatihan adalah 77,80% dan sesudah pelatihan adalah 92,3%. Artinya rata-rata sebelum pelatihan lebih rendah daripada rata-rata sesudah pelatihan. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penyuluhan strategi coping dan keberfungsian keluarga meningkatkan pemahaman orang tua tentang keberfungsian keluarga dan strategi coping.
PELATIHAN USAHA KECIL MENENGAH IBU PKK KELURAHAN BANJAR SARI, METRO UTARA Desi Derina Yusda; Tyas Desita Wengrum; Hikmah Justiti Adiastuti; Eka Travilta Oktaria; Pipit Novilasari
Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cdj.v2i2.1320

Abstract

Kebijakan pemberdayaan usaha kecil menengah secara umum diarahkan untuk mendukung upaya-upaya penanggulangan kemiskinan dan kesenjangan, penciptaan kesempatan kerja dan peningkatan ekspor, serta revitalisasi pertanian dan perdesaan, yang menjadi prioritas pembangunan nasional. Pemberdayaan tersebut dapat didukung melalui pelatihan keterampilan masyarakat guna menciptakan kesempatan lapangan kerja. Pelatihan ini diberikan pada 30 orang Ibu PKK Kelurahan Banjar Sari, Metro Utara. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Ibu PKK akan usaha kecil menengah dan memberikan contoh kerajinan tangan sederhana kain flanel yang dapat dijadikan usaha oleh Ibu PKK, pelatihan tersebut melalui metode ceramah, demonstasi dan diskusi. Materi disampaikan oleh Dosen Prodi DIII Manajemen Industri dan DIII Akuntansi, Fakultas Bisnis, Universitas Mitra Indonesia. Hasil dari kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan akan UKM serta kewirausahaan untuk Ibu PKK di Kelurahan Banjar Sari, Metro Utara, sehingga ibu PKK dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan produk yang dihasilkan berdaya saing sehingga dapat memberi tambahan pendapatan baik secara individu maupun kelompok.
PENYULUHAN DAN MUSYAWARAH DESA KHUSUS PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA Ramdhan Witarsa; Mufarizuddin Mufarizuddin; Sularno Sularno
Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cdj.v2i2.1852

Abstract

Tujuan diadakannya penyuluhan dan musyawarah desa khusus penerima bantuan langsung tunai dana desa Ridan Permai ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun kesepahaman antara pemerintah desa Ridan Permai dengan masyarakat penerima bantuan. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan pemberian penyuluhan mengenai informasi terkini tentang syarat-syarat dan ketentuan masyarakat penerima bantuan serta penyuluhan secara langsung mengenai peruntukan dan kegunaan bantuan langsung tunai tahun 2021 itu untuk apa saja. Penyuluhan ini berisi mengenai penjelasan-penjelasan secara umum tentang kriteria masyarakat penerima bantuan dan peruntukannya. Hasil yang didapatkan dari kegiatan penyuluhan ini adalah bertambahnya pengetahuan masyarakat mengenai syarat dan ketentuan penerima bantuan. Selama ini masyarakat hanya mendengar desas duses yang tidak jelas tentang syarat-syarat penerima bantuan yang tidak jelas sumbernya. Dari hasil pengabdian ini juga didapatkan semakin banyaknya masyarakat Desa Ridan Permai yang semakin peduli akan adanya penyuluhan dan musyawarah yang dilakukan secara berkala yang diselenggarakan oleh desa.
IMPLEMENTASI SURAT PERJANJIAN MENURUT HUKUM PERDATA DAN KEBIASAAN MASYARAKAT ADAT SETEMPAT Imman Yusuf Sitinjak; Sariaman Gultom; Christian Daniel Hermes; Mariah SM Purba
Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cdj.v2i2.1699

Abstract

Dilaksanakan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman, mengevaluasi masalah didalam masyarakat serta mengupayakan memberikan solusi terhadap masalah yang ada di masyarakat terutama mengenai perjanjian di desa tamba kecamatan sitiotio kabupaten Samosir. Pelaksanaan gadai dimasyarakat adat samosir merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat sejak dulu. Kebanyakan yang objek dari gadai tersebut adalah tanah, khususnya tanah pertanian. Hal ini dilakukan oleh masyarakat adat samosir adalah untuk memenuhi kebutuhan mendesak mereka pada saat melakukan gadai seperti biaya pendidikan anak, kebutuhan ekonomi, dan kebutuhan yang lainnya yang dianggap penting. Masalah yang terjadi didesa tersebut adalah adanya perjanjian gadai dibawah tangan oleh masyarakat namun tidak selesai hingga berpuluh tahun lamanya. Dengan adanya pengabdian masyarakat ini dapat memberikan solusi terhadap masalah perjanjian tersebut. Sehingga pelaksanaan gadai yang dilakukan masyarakat adat memiliki penyelesaian.
PELATIHAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI GURU-GURU ANGGOTA KN-LWF PEMATANGSIANTAR Ridwin Purba; Asnewastri Asnewastri; Ahmad Fakhri Hutauruk; Andres M. Ginting; Resmi Resmi
Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cdj.v2i2.1777

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dari PKM Universitas Simalungun pada tanggal 31 Maret 2021 bertempat di SMK GKPI 1 Pematangsiantar ini telah memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi 40 guru-guru sekolah swasta di Pematangsiantar. Pelatihan tentang Pembelajaran Online pada masa Pandemi Covid 19 merupakan salah satu cara untuk membantu guru-guru untuk melakukan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0, Strategi Pembelajaran Online, Media pembelajaran Online, Aplikasi Pembelajaran Online, dan Pembelajaran di Era Pandemi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk membantu guru-guru yang kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran online karena situasi pandemi yang sedang berlangsung. Pelatihan menunjukkan bahwa guru-guru memiliki keinginan besar untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0, Penggunaan Strategi, Media, dan Aplikasi yang dapat digunakan dalam menunjang proses pembelajaran yang efektif.
SOSIAL MEDIA MARKETING DALAM EQUITAS PELANGGAN UMKM NAGORI KARANG BANGUN KABUPATEN SIMALUNGUN Tioner Purba; Risma Nurhaini Munthe; Elfina Okto Posmaida Damanik; Eva Sriwiyanti; Resna Napitu; Marulam MT Simarmata
Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cdj.v2i2.1663

Abstract

Tujuan penelitian dalam pengabdian ini adalah mendampingi Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di Nagori Karang Bangun Kabupaten Simalungun menggunakan sosial media untuk pemasaran produk yang dihasilkan karena masih banyak pengusaha UMKM di Nagori Karang Bangun ini memasarkan produknya secara off line sehingga tingkat pemasaran produk masih tingkat lokal. Metode kegiatan yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu: Ceramah bervariasi, demonstrasi, latihan. Langkah-langkah yang dilakukan adalah pendampingan secara intensif dengan tahapan: ceramah tentang pengantar berbisnis, ceramah tentang teori media bisnis, ceramah tentang pengembangan media pembelajaran yang baik untuk pembisnis, demonstrasi tentang langkah-langkah penyusunan media bisnis berbasis teknologi. Hasil pelaksanaan kegiatan ini yaitu ketercapaian tujuan pendampingan pengembangan media pembelajaran secara umum sudah baik, namun keterbatasan waktu yang disediakan mengakibatkan tidak semua materi tentang pengembangan media pembelajaran dapat disampaikan secara detail kepada masyarakat. Namun dilihat dari hasil latihan para peserta yaitu kualitas media pembelajaran yang telah dihasilkan, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan kegiatan ini dapat tercapai.